Cara Mengatasi Covid

Astrazeneca Dibolehkan Mui, Kemenkes

Meski memiliki goal akan menyuntik 1 juta per hari pada Juli mendatang, saat ini pemerintah enggan terburu-buru. Ia menjelaskan, Covax Facility bertujuan untuk memastikan akses yang tepat waktu dan merata terhadap vaksin Covid-19 yang aman dan efektif untuk semua negara yang termasuk dalam negara Advanced Market Commitment . “Kajian yang dilakukan dengan berhati-hati menunjukkan tidak adanya bukti peningkatan penggumpalan darah di dalam kelompok umur, jenis kelamin, dan asal di mana vaksin dibuat,” kata perusahaan tersebut. Pihak berwenang di Irlandia mengatakan vaksinasi akan dimulai kembali setelah kajian terhadap semua knowledge dilakukan.

Moderna mengumumkan hasil uji klinik fase I vaksin mRNA-1273 yang cukup memuaskan pada 18 Mei 2020 yang menjadi perusahaan pertama yang merilis knowledge uji klinik untuk kandidat vaksin corona virus. Moderna, Inc merupakan perusahaan bioteknologi pertama yang melakukan uji klinik terhadap vaksin messenger RNA untuk menciptakan obat generasi baru untuk pasien. Uji klinis yang dilakukan AstraZeneca pada virus corona varian asli, menunjukkan efikasi seventy six persen setelah pemberian dosis pertama.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, vaksin tersebut didapatkan dari hasil kerja sama multilateral. Kepala Institut Vaksin Nasional Thailand Nakorn Premsri mengatakan, vaksin COVID-19 yang diproduksi di Thailand dijadwalkan siap digunakan untuk vaksinasi massal pada Juni 2021.

Berkomunikasi dengan AstraZeneca, ia mendesak agar pihak perusahaan juga melakukan studi lebih lanjut terkait risiko dan manfaat vaksin Corona mereka pada usia di bawah 55 tahun. Keputusan penangguhan vaksin AstraZeneca untuk non lansia di Belanda, dilakukan 3 hari usai Jerman lebih dulu menyetop penggunaan vaksin pada usia di bawah 60 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia WHO dalam pernyataan 10 Februari lalu menyarankan, tetap memanfaatkan vaksin AstraZeneca, juga jika di negara bersangkutan tercatat penyebaran varian virus mutasi. Pasalnya, vaksin tetap memberikan perlindungan melawan bagian virus yang tidak mengalami mutasi. Jadi, mungkin nantinya vaksin AstraZeneca akan diberikan berdasarkan hasil penelitian yang efektivitasnya lebih tinggi; yaitu setengah dosis, lalu dilanjutkan dengan dosis penuh,” ucap dr. Iqbal. Jadi, dia menyuntikkan virus yang tidak aktif atau kurang aktif untuk merangsang respons kekebalan ,” jelas dr. Iqbal.

Bagi yang sudah mantap silakan segera ikut program vaksinasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah melalui berbagai media dan lembaga. Dengan saling menghormati dan menghargai apapun sikap dan keputusan yang diambil, hidup ini menjadi indah dan nyaman. Kalau sudah tercipta lingkungan yang indah dan nyaman, kekebalan tubuh akan cepat terbentuk melindungi tubuh.

Adapun alasan keempat adalah adanya jaminan keamanan penggunaan dari pemerintah. Menurut alasan yang kelima, pemerintah tidak memiliki kekuasaan memilih vaksin mengingat keterbatasan vaksin baik di Indonesia maupun di tingkat global. Belum diketahui secara pasti efek interaksi vaksin AstraZeneca bila digunakan bersama dengan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.

Menurut laporan LPPOM MUI yang disampaikan pada Komisi Fatwa MUI bahwa pada tahap penyiapan inang virus vaksin AstraZeneca ini terdapat penggunaan bahan dari babi berupa tripsin yang berasal dari pankreas babi. Sehingga disimpulkan vaksin covid-19 produk AstraZeneca hukumnya haram karena dalam tahapan proses produksinya memanfaatkan tripsin yang berasal dari pankreas babi. mRNA-1273 merupakan kandidat vaksin untuk Corona Virus Disease (COVID-19) yang dikembangkan oleh Moderna, Inc, suatu perusahaan bioteknologi yang berasal dari Amerika Serikat. mRNA-1273 adalah vaksin berbasis Lipid Nanopartikel yang mengenkapsukasi Mrna yang dikembangkan dalam bentuk sediaan injeksi. Uji klinik fase I dilakukan terhadap 45 pasien (18-55 tahun) pada tiga tingkat dosis penelitian yang memberikan hasil cukup memuaskan yang di umumkan pada 18 Mei 2020. Pada tanggal 29 Mei, Moderna telah memulai uji klinik fase II, dan uji klinis fase III yang direncanakan akan dilakukan pada bulan Juli 2020.

Perlu Anda ketahui bahwa virus Sars-Cov-2 dipenuhi dengan protein yang digunakan untuk memasuki sel tubuh manusia. Untuk membuat vaksin, dilakukan pengembangbiakan virus sebagau bahan utamanya. Sel MRC5 yang digunakan memiliki sifat yang melekat sangat kuat dengan cawan. MUI, lanjut Nadia, juga telah menyampaikan bahwa wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah. Pertimbangan hukum kedua soal kebolehan istihalah dengan mengutip pendapat Hanafiah dan Malikiyah. Berbeda dengan kehadiran vaksin covid-19 sebelumnya, Sinovac produk Sinovac Life Science Co.

Vaksin Astrazeneca berasal darimana

Sedang, MUI Jatim dan PWNU Jatim berpegang pada hasil akhir dari pembuatan vaksin bukan pada prosesnya. Ini sesuai ketentuan fiqh, nahnu nahkumu bid dlawahir wa Allah yatawalla bis sara-ir. Syariat tidak menuntut untuk menyelidiki lebih dalam dan mendetail bagaimana asal dan prosesnya yang penting hasil akhirnya tidak terdapat unsur najis dan haram maka hukumnya suci dan halal. Ibarat seseorang membeli buah mangga melalui transaksi jual beli yang sah dan halal maka pembeli tidak perlu menanyakan pada penjualnya dari mana mangga ini berasal. Adapun penggunaan vaksin AstraZeneca yang haram ini atas dasar pertimbangan kemendesakan yang berskala nasional maka diperbolehkan .

Antara lain, harga yang lebih murah dan vaksin dapat disimpan di suhu udara yang tidak terlalu dingin. Sebenarnya AstraZeneca sendiri merupakan perusahaan farmasi yang khusus memproduksi obat-obatan medis. Perusahaan ini terkenal sebagai produsen obat kanker, salah satunya Tagrisso, untuk mengobati kanker paru-paru. “Dua suntikan vaksin diperlukan untuk setiap orang dengan jarak 28 hari,” kata Maleque.