Cara Mengatasi Covid

Haji Belum Pasti, 133 Ribu Jamaah Haji Sudah Disuntik Vaksin Sinovac

Untuk diketahui, jelas Anita, dengan memakai sel HEK 932 sebagai salah satu bahan pembuatan vaksin. Hingga saat ini hanya sel HEK 923 yang dapat digunakan untuk memperbanyak adenovirus. “Kemarin saya juga sudah konfirmasi ulang ke pihak AstraZeneca, dan ternyata mereka tidak melibatkan tripsin dalam proses pemisahan. “Penting untuk dicatat bahwa Vaksin COVID-19 AstraZeneca, merupakan vaksin vektor virus yang tidak mengandung produk berasal dari hewan, seperti yang telah dikonfirmasi oleh Badan Otoritas Produk Obat dan Kesehatan Inggris,” kata pihak AstraZeneca.

Vaksin Sinovac babi

Kedua, menghimbau seluruh masyarakat utk aktif berpartisipasi dalam program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah. Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan bahwa pihaknya tidak akan memberikan sertifikasi halal untuk vaksin yang mengandung babi, meskipun dalam proses pembuatan vaksin tersebut sudah dinetralisasi atau dibersihkan. Dream – Direktur Eksekutif LPPOM MUI Muti Arintawati menegaskan, MUI tidak akan memberikan sertifikasi halal untuk vaksin yang mengandung babi.

Kedua, jika nanti terbukti memiliki dampak yang buruk terhadap kondisi kesehatan masyarakat, umat Muslim berhak menolaknya. Pakistan saat ini sedang melakukan uji klinis tahap akhir dari vaksin CanSino Biologics. Sementara Bangladesh sebelumnya memiliki kesepakatan dengan Sinovac Biotech untuk melakukan uji klinis di negara tersebut, tetapi uji coba tersebut telah ditunda karena sengketa pendanaan.

Sementara, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, usai mengikuti rapat terbatas penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi, menyampaikan tidak terdapat laporan terkait relawan yang ikut uji klinis vaksin Sinovac fase III mengalami efek samping berat. Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mendesak aparat penegak hukum turun tangan menyelidiki dugaan kebocoran information pribadi 279 juta information penduduk Indonesia. Data Satgas Covid-19 menyebutkan dari enam hingga tujuh orang yang berkerumun, ada satu yang terdeteksi positif virus corona. “Pemerintah wajib terus mengikhtiarkan ketersediaan vaksin Covid-19 yang halal dan suci,” ujar Niam. Imunisasi dengan dugaan campuran bahan haram, jika vaksin tersebut sudah dicuci dengan bahan kimiawi, maka hukumnya menjadi halal . Konsultasikan terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan Anda dengan dokter kami di sini sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai peserta vaksin COVID-19.

Karena itu diharapkan agar umat Islam di seluruh dunia tidak mencemaskan isu itu. Beredar sebuah narasi melalui pesan berantai aplikasi Whatsapp yang menyebutkan vaksin korona mengandung babi. Serta vaksin korona dari Tiongkok bagian dari sindikat perdagangan gelap internasional. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makan Penny Lukito mengungkapkan, uji klinis kandidat vaksin virus corona yang dikembangkan Sinovac bekerjasama dengan Bio Farma telah selesai dilakukan. Prinsipnya, selama media itu dipisahkan dari produk akhirnya dan selama ada proses pensucian, maka diperbolehkan. Misalnya ada serum darah atau tripsin yang berasal dari bahan najis,” ujarnya.

“Sudah disampaikan oleh Komisi Fatwa MUI, yang hasilnya, pertama vaksin ini tidak memanfaatkan intifaq, atau babi, bahan yang tercemar babi dan turunannya,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers pada Selasa, eleven Januari 2021. Artinya, virus yang berada dalam vaksin sudah dimatikan dan tidak mengandung virus hidup atau yang dilemahkan. Pada kriteria sistem jaminan halal poin keempat dijelaskan bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan produk yang disertifikasi tidak boleh berasal dari bahan haram atau najis. Perusahaan harus mempunyai dokumen pendukung untuk semua bahan yang digunakan. “Dalam hal ini Komisi Fatwa MUI, yang hasilnya kurang lebih, pertama vaksin ini tidak memanfaatkan intifa.

Ditegaskan mereka, semua tahapan produksi vaksin AstraZeneca tidak ada satupun yang memanfaatkan produk turunan babi. Setelah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari BPOM. Bisa dibilang saat ini Bio Farma masih harus melengkapi knowledge yang dibutuhkan untuk EUA yakni laporan lengkap uji klinis fase 1 dan 2, dan information interim uji klinis fase three vaksin Covid-19 CoronaVac milik Sinovac Biotech yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat. Baru-baru ini sebuah narasi menyebut bahwa vaksin asal China Sinovac, yang dikembangkan untuk menangkal COVID-19 akibat virus SARS-Cov-2 itu, mengandung babi hingga racun, demikian pesan yang beredar di berbagai media jejaring sosial. Pertama, jika tidak ada obat selain vaksin maka umat Muslim bisa menggunakan vaksin Covid-19 selama tidak memberikan dampak negatif untuk tubuh.