Cara Mengatasi Covid

Jangan Keliru, Ini Alasan Di Balik Efek Samping Vaksin Covid

Seperti vaksin pada umumnya, vaksin Covid-19 juga menimbulkan efek samping. Namun jangan khawatir, ini langkah-langkah yang harus dilakukan jika timbul efek samping pasca suntik vaksin Covid-19. Tidak seperti efek samping vaksin lain yang biasanya hanya bertahan satu atau dua hari, pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk hilang. KOMPAS.com – Setiap orang mengalami reaksi yang berbeda setelah tubuhnya menerima vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Tapi saya yakin akan aman saja karena efek dari dosis pertama tidak terlalu parah. Karena itu, Steaven menyatakan masyarakat tidak perlu takut mengikuti program vaksinasi, baik dengan Sinovac maupun AstraZeneca.

Di Indonesia sendiri, uji klinis fase III sedang dilakukan terhadap vaksin SINOVAC yang dikembangkan oleh Sinovac Life Science, Cina. Penelitian terhadap vaksin ini tengah berlangsung dan direncanakan akan berakhir bulan Februari 2021 mendatang. “Sampai sejauh ini dari yang sudah suntikan kedua, keluhan oleh karena suntikan itu bisa dibilang minimal. Paling panas badan sedikit, nyeri di tempat suntikan seperti kita imunisasi biasa,” kata Kusnandi, Kamis (5/11). Anda mungkin memperhatikan bahwa kelenjar getah bening Anda membengkak saat Anda sakit. Hal yang sama dapat terjadi setelah vaksin, dan lebih sering setelah suntikan Moderna, yang terjadi pada sekitar satu dari 10 orang.

Efek dari vaksin covid

Tenaga medis menjadi prioritas utama untuk menjadi penerima vaksin tersebut. Pengembangan vaksin COVID-19 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka kasus positif COVID-19 yang masih terus meningkat. Dengan adanya vaksin ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terlindungi dari infeksi virus Corona. Oleh karena itu, karena masih tergolong baru, vaksin COVID-19 masih terus diuji dan diteliti oleh pemerintah dan berbagai lembaga kesehatan sebelum dapat diberikan dan digunakan oleh masyarakat luas. Hingga saat ini, sebenarnya masih terlalu dini untuk menentukan efektivitas dan keamanan vaksin COVID-19.

Para peneliti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan ke server pracetak medRxiv menganalisis sekitar 947 petugas kesehatan di Inggris yang menerima dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19. Sekitar 265 dari petugas kesehatan tersebut telah terinfeksi virus corona sebelum vaksinasi. Penny kemudian menjelaskan beberapa efek samping vaksin Sinovacyang ditemukan selama uji klinis. Menurut knowledge yang didapatkan dari uji klinis, vaksin tersebut hanya menimbulkan efek samping ringan hingga sedang.

Meski begitu, setiap vaksin COVID-19 mungkin memiliki kriteria khusus untuk menentukan kondisi apa saja yang bisa menerima suntikan vaksin. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut lagi, demi keamanan dan kemanjuran vaksin COVID-19. Pemerintah mengatakan, vaksinasi Covid-19 membidik sasaran 181,5 juta orang.