Cara Mengatasi Covid

Menurut Fatwa Mui, Vaksin Sinovac Hukumnya Suci Dan Halal

“Tapi kita tahu setidaknya dalam pembuatan vaksin itu ada 3 hal yang harus kita lihat pertama yakni penyiapan inang pembibitan vaksin. Inang pembibitan vaksin ini yang menggunakan materi berasal dari babi,” sambungnya. BPOM memastikan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang rencananya keluar Desember 2020, akan mundur ke Januari 2021. Pasalnya, bagi masyarakat yang memeluk agama Islam, babi merupakan salah satu hewan yang dilarang untuk dikonsumsi alias haram. Hal ini juga yang menjadi alasan, mengapa vaksin asal Inggris tersebut ramai diperbincangkan.

“Ada kondisi kebutuhan mendesak atau hajah basyariyah dalam konteks fikih yang menduduki kedudukan syar’i atau darurat syar’iyah,” jelasnya. Kedua, ada keterangan dari ahli bahwa terdapat bahaya atau risiko fatal jika tidak segera dilakukan vaksinasi. Masyarakat memiliki persepsi berbeda atas vaksinasi, namun seiring waktu terlihat bahwa respons penerimaan masyarakat semakin tinggi. Pandu menilai penilaian kehalalan vaksin dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia sebenarnya sangat lemah.

Kita berharap MUI dalam waktu tidak terlalu lama mengeluarkan fatwa halal. Bila ditemukan bahan-bahan haram di dalamnya, vaksin harus dinyatakan halal. Alasannya, ya itu tadi, vaksin menjaga kehidupan di situasi darurat pandemi covid-19.

Meskipun dalam proses pembuatan vaksin tersebut sudah dinetralisasi atau dibersihkan. Dalam pembuatan vaksin, enzim ini harus disterilkan sehingga tidak mengganggu tahapan proses produksi vaksin selanjutnya. Dalam fasilitas dan peralatan produksi di Bio Farma Bandung, didapati fakta bahwa fasilitas produksi pernah digunakan untuk pembuatan vaksin lain. Ada juga fasilitas dan peralatan produksi yang baru dibuat dan akan digunakan untuk vaksin covid 19. Terhadap fasilitas dan peralatan produk pernah digunakan untuk pembuatan vaksin lain, sudah dilakukan pencucian sesuai dengan ketentuan syariat (tathhir syar’i).

Ada juga penilaian serupa berdasarkan konsensus yang luas dari para pemimpin agama di komunitas Yahudi Ortodoks. “Menurut hukum Yahudi, larangan makan babi atau menggunakan babi hanya dilarang jika itu adalah cara alami untuk memakannya,” kata Rabbi David Stav, ketua Tzohar, sebuah organisasi kerabian di Israel. Gelatin yang berasal dari daging babi telah banyak digunakan sebagai penstabil untuk memastikan vaksin tetap aman dan efektif selama penyimpanan dan pengangkutan. Beberapa perusahaan telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan vaksin bebas daging babi. Perusahaan farmasi Swiss Novartis telah memproduksi vaksin meningitis bebas daging babi, sementara AJ Pharma yang berbasis di Saudi dan Malaysia saat ini sedang mengerjakan salah satu vaksinnya sendiri. Dirinya juga meminta dalam program vaksinasi ini, agar pemerintah mulai pusat sampai yang paling bawah menyelenggarakan dengan sepenuh hati, jujur, dan bertanggung jawab.

Atau intifa babi, atau bahan yang tercemar babi dan turunannya,” tegas Gus Yaqut. “Kedua tidak memanfaatkan bagian tubuh manusia atau jus minal insan. Ketiga bersentuhan dengan najis mutawasitah, sehingga dihukumi mutanajis, tetapi sudah dilakukan penyucian secara syar’i atau ta’hir syar’i,” katanya. Sertifikasi halal vaksin korona sendiri sejauh ini masih diproses oleh Majelis Ulama Indonesia . Dilansir dari halalMUI.org, Uji coba klinis vaksin COVID-19 telah memasuki tahap ketiga.

Tripsin babi sudah sering digunakan sebagai reagen untuk pembuatan produk obat biologis, termasuk vaksin. Dalam pembuatan beberapa vaksin, tripsin akan ditambahkan ke tahap kultur akhir untuk mengaktivasi virus vaksin. Ketersedian vaksin COVID-19 yang halal dan suci tidak mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 guna ikhtiar mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Ditegaskan, semua tahapan produksi vaksin AstraZeneca tidak ada satupun yang memanfaatkan produk turunan babi.

Vaksin Corona yang berasal dari Inggris tersebut dalam proses pembuatannya disebut bersinggungan dengan babi. “Dari sisi umat Islam, tentu kita ingin memastikan apakah konten final dari vaksin ini mengandung konten yang haram,” ungkap Ahmad. Tujuan pembuatan vaksin adalah untuk menumbuhkan antibodi yang spesifik mengenali protein spike atau protein lonjakan. Sehingga, pemerintah bisa mengetahui dengan pasti vaksin produksi dari Sinovac benar-benar halal.

Vaksin Sinovac babi

Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Karena saat ini virus covid-19 makin ganas dan bermutasi, oleh karena itu protokol 5M menyempurnakan perlindungan pasca vaksinasi. Program vaksinasi nasional sudah dimulai dan yang diprioritaskan adalah tenaga kesehatan, baru para pekerja di sektor pelayanan publik, misalnya guru, wartawan, dll. Hukum dari vaksinasi ini adalah wajib, karena jika semua orang sudah divaksin, kekebalan kelompok akan terbentuk. Penghentian tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keamanan dari vaksin AstraZeneca.

Menurut Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah, keputusan vaksin covid-19 tak perlu halal justru untuk menghilangkan kekhawatiran kaum muslim ketika divaksinasi. Dengan logika terbalik, keperluan akan fatwa halal vaksin covid-19 malah menghadirkan kekhawatiran kaum muslim di Indonesia. Adagium keselamatan rakyat hukum tertinggi kita baca dan dengar selama pandemi covid-19 melanda dunia. Vaksin virus corona yang didatangkan dari China disimpan di kantor pusat PT Bio Farma di Bandung. Vaksin tersebut diangkut menggunakan pesawat milik Garuda Indonesia dan tiba di Bandara Soekarno Hatta. Untuk aspek keamanan dalam uji klinis, pantauannya, baik, aspek mutu dari vaksin Sinovac, juga baik.