Cara Mengatasi Covid

Tidak Ditemukan Efek Samping Berbahaya Dalam Uji Vaksin Sinovac Di Indonesia

Reaksi tubuh merupakan petunjuk, bahwa vaksin ampuh, dengan memicu sistem kekebalan tubuh dan tubuh mengembangkan antibodi terhadap “infeksi tipuan” yang dipicu vaksin. Saat konferensi pers mengenai pemberian izin darurat vaksin beberapa waktu yang lalu, ketua BPOM Penny Lukito memaparkan bahwa vaksin Sinovac bisa menimbulkan efek samping ringan hingga sedang. Dimulainya program vaksinasi Covid-19 gelombang pertama ditandai dengan penyuntikkan vaksin kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Beberapa pejabat dan tokoh publik juga turut menerima vaksin di hari yang sama. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin yang diberikan aman dan halal. Sementara itu, untuk vaksin Sinovac, yang sudah disuntikkan di Indonesia, dari uji yang dilakukan di Bandung menunjukkan efek sampingya hanya nyeri di lokasi suntikan, demam, kelelahan.

Uji klinis fase 3 secara massal telah dilakukan di Indonesia, Turki dan India. Rusia sudah izinkan vaksin Sputnik V buatan pusat riset Gamaleja di Moskow, Agustus 2020. Vaksin menggunakan dua unsur aktif adenovirus berbeda yang dimodifikasi.

Mereka yang sudah sembuh dari COVID-19 dianggap telah memiliki antibodi untuk melindungi diri dari infeksi kedua. Namun pemerintah tidak secara khusus mendata atau mengetes ulang apakah orang tersebut memiliki antibodi terhadap COVID-19 atau tidak. Pada fase uji klinis, unsur aktif BNT162b2 dari perusahaan BioNTech dari Jerman dan Pfizer dari AS tidak menunjukkan efek samping serius.

Dua hari sebelum vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Corona Sinovac yaitu CoronaVac. KOMPAS.com – Setiap orang mengalami reaksi yang berbeda setelah tubuhnya menerima vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Vaksin Sinovac adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. Vaksin Sinovacyang dikenal juga dengan nama CoronaVac sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Efek samping dari vaksin Sinoviac

Posisi ketiga, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan elektabilitas 7,four persen. “Efek samping tersebut merupakan efek samping yang tidak berbahaya dan dapat pulih kembali,” ujarnya. “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. “Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi,” tegas Kepala Badan POM.